5 TANDA ORANG MALAS DAN CARA MEMPERBAIKI HAL BURUK TERSEBUT

November 15, 2017


Jaman sekarang, banyak anak muda yang kurang produktif atau bahkan gak produktif dimasa produktifnya. Nah! Sesuatu dikatakan produktif ketika biaya, waktu dan tenaga yang dikeluarkan itu seimbang dengan hasil pencapaian yang diharapkan, baik secara kuantitas ataupun kualitas. Masalahnya anak muda jaman sekarang selalu "mager" dalam memulai segala sesuatu. Bahkan mager untuk bangun pagi~ #eaaa

Picture by pexels.com
Mager (Males Gerak). Orang yang terlalu sering "mager" artinya? ya orang pemalas. Hari gini jadi orang pemalas? Oh No! Jangan harap kesuksesan akan menghampiri hidupmu, kalau kamu aja masih pertahanin sifat pemalas tersebut. Terkadang, orang yang terkena virus malas ini gak sadar bahwa dirinya adalah seorang pemalas. Bahkan dengan PDnya menganggap bahwa dirinya adalah orang rajin. Nah! Sebelum kamu terlalu PD akan sosok diri kamu yang rajin, mending cek dulu yuk tanda-tanda si pemalas, siapa tau kamu gak beneran rajin.. hihihihi

1. Tidak Merasa Sebagai Pemalas
"Banyak bicara, sedikit bekerja!" Slogan untuk orang pemalas tapi gak merasa malas. #pfffttt 
Nah! orang yang malas ini "merasa" bahwa dirinya sudah bekerja banyak daripada menyadari kemalasannya, walaupun kenyataannya gak begitu.



2. Suka Menunda Pekerjaan
Tanggung jawab yang dikasih, gak langsung dikerjakan. Nah! kalau waktunya udah deadline? Baru deh! sibuk mengerjakan dan hasilnya pun gak maksimal.

3. Tidak Menghargai Waktu dan Suka Tidur
Waktunya hilang dengan percuma karena melakukan sesuatu yang gak bermanfaat. Bahkan si pemalas suka keluyuran kesana-kemari tanpa tujuan yang jelas.

Picture by pexels.com
4. Kurang Menghargai Kualitas dan Selalu Mencari Jalan Pintas
Hal ini berhubungan dengan 'suka menunda pekerjaan' dan 'tidak menghargai waktu' hasilnya kerja yang terburu-buru, sembarangan, dan asal-asalan dalam mengerjakannya. 
Mindset si pemalas "kerja sedikit tapi hasilnya banyak", hal tersebut yang membuat si pemalas sering mencari jalan pintas. Contoh kasus nyata Pencuri.

5. Suka Memulai Pekerjaan Baru tapi Jarang Menyelesaikannya
Si pemalas akan suka untuk menyelesaikan pekerjaan sebanyak mungkin dalam kurun waktu singkat, tapi gak satupun yang diselesaikan. 
Hal tersebut dikarenakan sifat pemalas yang sering mengeluh, kurang inisiatif dan gak bergairah untuk berprestasi.

Picture by pexels.com
Nah! Gimana? Kamu termasuk orang yang pemalas atau rajin? Kalau kamu orang yang rajin, tetap semangat yah! Eh tapi.. kalau kamu termasuk orang yang malas, jangan khawatir! Rasa malas itu bisa kita perbaiki kok, asalkan kamu mau merubah diri kamu. Bukan merubah diri jadi power ranger yah! Tapi kamu (si pemalas) mau berubah menjadi orang yang bersemangat dan selalu optimis. 

Aku sendiri, pernah banget ada di fase menjadi orang pemalas. Sifat pemalas yang muncul tersebut diakibatkan karena kekecewaan dan keputus asaan. Putus asa karena beberapa bulan menjadi penggangguran setelah mendapat gelar Sarjana. Kecewa karena banyak perusahaan yang menolak karena faktor fisik yang gak ideal. Pffftttt!!!!!!
Selama 3 bulan aku sadar menjadi orang yang pemalas, dimana aku tidak menghargai waktu dan suka tidur. Parah banget pokoknya, sifat malas itu berdampak juga sama berat badan aku yang terus meningkat dengan drastis. 
Akhirnya dibulan berikutnya, aku sadar kalo aku gak boleh gini terus. Hidup gak punya harapan? No man! Aku akhirnya bangkit, dari yang tadinya sama sekali males gerak. Akhirnya coba buat olahraga kecil-kecilan, mulai dari gym, lari, dan workout. 
Olahraga kecil juga ngaruh banget loh, buat aku jadi semangat buat beraktivitas.

Aku juga mau share cara yang ampuh buat balikin semangat kamu yang udah hilang, alias yang udah hilang harapan yaitu:
  • Kamu harus memiliki keberanian dalam bertindak, apapun resikonya selalu lihat dari kacamata positif dan lakukan dengan penuh sukacita. Jangan berdiam diri!
  • Memiliki sikap yang tidak mau menyerah kalau semangatmu melemah. Bangkitlah! Karena pasti ada kekuatan baru.
  • Memiliki keyakinan yang teguh. Apapun yang dihadapi, kamu gak boleh hilang harapan. Seseorang akan terus berjuang dan berusaha jika mereka memiliki harapan.
Picture by pexels.com
Cara-cara tersebut harus kamu lakukan dengan penuh komitmen! Karena itu adalah unsur penting untuk menciptakan perubahan. Selain itu kamu harus konsisten melakukannya, tanpa konsistensi perubahan yang kamu inginkan bersifat sementara. Dan yang terakhir adalah integritas! Perubahan membutuhkan integritas untuk menemaninya bertumbuh dalam perubahan yang sejati. Orang yang demikian bisa menjadi pribadi yang layak dipercaya, dan menjadi pribadi yang produktif. Jadi, yuk jadi anak muda yang produktif dengan hal-hal yang telah dijabarkan tadi! Karena hal-hal tersebut bukan cuma membuat kamu rajin, tapi membuat pribadimu menjadi lebih baik.

Ok! Segitu aja sharing pengalaman aku yang pernah juga jadi orang yang pemalas. 

Thank you for reading. 

Yuk! Share juga link blog aku ini ke temen-temen kamu yang belum sadar kalau dirinya adalah si pemalas. 
Biar mereka bisa sadar dan bangkit. 
 



You Might Also Like

3 comments

  1. Luar biasa motivasi nya... Mirip bgt ama kelakuan ade sy yg males.. Smoga bs jd inspirasi buat dia berubah... Hihihi

    ReplyDelete
    Replies
    1. Wah ka devi.. iya, semoga dia baca postingan ini dan mau berubah.. hehehe

      Delete
  2. Adakalanya aku ngerasa males ngelakuin sesuatu. Biasanya krn udh super jenuh sih. Senin ampe sabtu dibombardir ama kerjaan, kadang malam baru pulang, berangkat k kantor lg pagi2 buta. Jd hr minggu biasanya aku pake utk full bermalas2an mba hahahaha.. Walopun ga bisa selalu, apalagi kalo anak2 mulai ngerecokin aku supaya nemenin mereka main :D.

    ReplyDelete

Thank you for reading :)
Silahkan berikan komentar kalian setelah membaca postingan ini! (Tidak mengandung unsur SARA)
No SPAM!

[REVIEW] Masker Serambi Botani

Popular Posts

Ayo Absen di 'Buku Tamu' ini!

Instagram @sukasukasharon

Subscribe